Tuesday 13 December 2011

Rumah Tante Reni

3 tahun lamanya aku tinggal di rumah tante Reni di Bandung . Rumah tante Reni sangat besar , dengan bentuk bangunan artdeco dan hanya di huni 4 orang , 2 pembantu rumah tangga , tanteku dan aku sendiri . Sementara sang suami Om Rino sudah meninggal 2 tahun yang lalu secara misterius . Di rumah tanteku nggak jauh beda dengan dirumahku sendiri , makan minum , semua kebutuhan ku selalu selalu disediakan , kadang tante Reni sering memberiku uang jajan yang terbilang lumayan . Dengan rumah yang besar aku bisa memilih kamar mana yang akan di jadikan kamar tidurku . Total kamar yang di rumah itu 5 kamar berukuran besar , 2 digunakan pembantu dan 1 kamar di gunakan tanteku dan atu lagi gunakan untuk kamar tidurku . Dan hanya satu kamar yang tidak di huni , malah sang pembantupun tidak pernah masuk kekamar untuk membersihkan ruangan ,dan seolah-olah kamar larangan untuk di masuki . Aku tidak terlalu peduli pada kamar itu yang penting aku sudah mendapat tempat tinggal yang nyaman . Tapi setelah beberapa bulan kemudian pikiranku mulai berbertanya-tanya , rasa ingin tauku mulai memuncak setelah menemui beberapa keganjilan setiap melewati kamar itu yang kebetulan bersebelahan dengan kamar tidur ku. Pertama setiap melewati kamar itu , kucium bau asap rokok , padahal semua penghuni rumah tidak ada satupun yang merokok . Tapi bau asap rokok setiap melewati kamar itu terus tercium...... Atau suatu hari aku menemukan kamarku dengan keadaan pintu terbuka .. padahal hanya akulah satu-satunya yang memiliki kunci kamar .....dan tidak ada satu pun barang yang hilang atau berpindah tempat........anehnya dalam kamarku lagi-lagi tercium asap rokok itu !Aku tidak terlalu perduli dengan kejadian itu , aku langsung merebahkan diri dan tertidur pulas . Di dalam tidurku aku bermimpi buruk ....bertemu dengan Suami tante Reni ! yang sudah meninggal 3 tahun yang lalu ....! dalam mimpiku Om Rinto tampak jelas, namun dengan wajah pucat sambil memegang rokok yang tak henti-henti di isap. Dalam tidurku Om Rinto berpesan...... "Hey kamu yang menghuni kamar ini, cepatlah pergi sebelum rokok ku habis....." Karena kau harus tahu bahwa aku mati di kamar sebelah karena di bunuh oleh wanita keparat itu ...mayatku di kubur jadikan satu dengan tembok antara kamarmu dan kamarku !" " Pergi.....pergi ....sebelum asap rokok ini menghilang .......!" Aku terbangun dengan keringat yang membasahi tubuhku, kulihat kamarku ....penuh dengan asap rokok !!!!! Tanpa pikir panjang aku lari keluar kamar dan meninggalkan kamar itu....untuk selamanya !. Oh , Tuhan .......Om Rinto meninggal di bunuh istrinya sendiri ..... dan mayatnya di kubur di jadikan satu dengan tembok !

@primbon.com

No comments: